Maaf Motornya Pak!!!! (ditilang)

Malam ini mungkin salah satu malam yang tidak bisa saya lupakan. Bagaimana tidak, ditilangka’ kodong!!!

Cerita berawal ketika sekitar jam 8 malam tadi saya berencana keluar untuk sewa kaset di Odiva. Tapi ternyata Handphone bersejarahku berbunyi menandakan sms masuk. ‘Mlm ini kt liqo di dpd jam 8, jaz’…begitulah bunyi sms dari Ust. Sukirman menandakan bahwa malam ini saya liqo. Tapi kan sudah terlanjur niat mw sewa kaset. Saving Private Ryan lagi salah satunya. Nih film mau mau sekalika nonton bae2i, karena saya selama ini nontonnya di tv dan itu pun nda’ nonton sampai selesai.

Jadilah saya berangkat liqo tapi singgah dulu di Odiva. Tapi apa dinyana, saat asyik2nya cari kasetnya Saving Private Ryan, seorang polantas masuk langsung tanya, “punya siapa motor di luar?” sambil nunjuk motor saya yang diparkir di pinggir jalan.

Padahal sebenarnya Odiva sendiri punya area parkir sendiri. Tapi saya malas mau parkir di situ, soalnya agak menanjak terus sempit. Sang Polantas langsung mengajak keluar setelah saya mengaku yang empunya motor. Di luar dia langsung meminta STNK motor. Ah.. aman deh!!! Tapi ternyata dia langsung minta SIM juga, padahal sampai sekarang saya belum urus2. Kemarin-kemarin sudah niat sih… Salah satu teman saya sudah deal buat urus sama-sama di Sidrap, di mana omnya yang seorang polisi bermarkas di sana. Dengan kebohongan saya berkata bahwa SIM saya di rumah dan lagi habis masa berlakunya. Tapi setelah dipanggil ke pos, alasan saya berubah lagi dan kali ini alasannya jujur dari dalam hati bahwa saya belum punya. Soalnya si Polantas tanya lagi, “belum punya SIM, ya?” Karena perasaan lagi ndak beres jadinya jawabnya juga spontan. Ndak beres karena sekarang saya sudah ada di pos polantas yang tidak jauh dari Toko Odiva tadi dan di dalamnya cuma saya sendiri yang sipil.

Di Pos ini saya sempat diceramahi seputar perlalu-lintasan. Kemudian, katanya motor saya di tinggal dulu dan baru bisa diambil hari kamis depan itu pun harus menjalani persidangan dulu. Wah genting!!!! Keadaan ini membuat saya mengingat pengalaman orang yang pernah ditilang, yang intinya tiada lain adalah atur damai saja (kasarnya nyuap). Anehnya begitu saya merogoh kantong saya untuk mengambil dompet si Polantas langsung memperlihatkan sebuah lembaran yang berisi tentang jenis-jenis pelanggaran lalu lintas beserta dendanya. Katanya pelanggaran saya ada 2. Pertama, tidak punya SIM di mana dendanya sekitar 50.000, sedangkan yang kedua pelanggaran parkir yang dendanya kurang lebih sama. Tapi akal bulus jalan. Nih polantas pasti mau terima kalau saya langsung kasi cuma 70.000 saja. Uang biru dan hijau pun keluar dari dompet saya dan taruh di meja. Eh, si polantas ceramahnya dilanjut lagi dan tanya identitas saya lagi. Tulisnya di kertas potongan map kertas lagi. Kentara sekali kalau cuma sekedar formalitas saja. “Sudahlah pak, ujung2nya kan duit”, begitu hati saya menggerutu. Akhirnya uangnya juga diambil sambil diselipkan ke potongan Map tadi. Mungkin menunjukkan bahwa uang itu benar karena pelanggaran saya dan akan dilaporkan ke kantornya, sungguh klise.

Sempat si Polantas bernasehat, untuk segera urus SIM, sebelum saya langsung tancap gas untuk liqo dan tidak singgah lagi buat sewa kaset. Pyuhhhhhh….. Mungkin semua ini terjadi karena hari ini saya tidak shalat subuh dan sebelum berangkat liqo tadi tidak shalat Isya dan bahkan sampai sekarang sementara nulis ini pun belum shalat Isya juga. Huehuehuehueh… semoga tulisan saya bernilai ibadah eh, maksudnya bernilai peringatan kepada teman-teman pembaca, bahwa shalatlah tepat waktu!!!!!!

2 thoughts on “Maaf Motornya Pak!!!! (ditilang)

Leave a Reply

