Al Qur’an dan Taktik Perang

Allah SWT berfirman dalam surah Al – Anfal ayat 12:
(Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman." Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka
Menurut penjelasan catatan kaki pada Al Quran Terjemahan milik saya, terkait ayat ini bahwa Allah memberikan penjelasan tentang bagaimana menghadapi musuh pada saat kita berperang. Pada akhir ayat tadi dikatakan "….maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka..". Memenggal leher adalah langkah ampuh untuk melumpuhkan musuh kita, namun bagaimana halnya ketika musuh menggunakan baju besi yang tentunya melindungi lehernya? Nah, makanya Allah memberi solusi dengan cara memancung ujung-ujung jari musuh kita. Dalam hal ini dispesifikkan yang dilumpuhkan adalah tangan musuh sehingga dengan begitu mereka tidak akan mampu memegang senjata lagi. 
Subhanallah!!!
Taktik yang cukup sederhana sebenarnya, tapi bukankah ini menjadi bukti bahwa Islam itu rahmatan lil alamin. Bahwa Islam menyentuh seluruh sisi kehidupan kita. Bahkan sampai hal sesederhana taktik perang yang dijelaskan di atas.
Advertisements

One thought on “Al Qur’an dan Taktik Perang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s