Nada Minor = Kesedihan?

Guru Mata Pelajaran Kesenian di SMA dulu mengajarkan bahwa nada minor diperuntukkan untuk awal-awal lagu-lagu yang sendu, sedih, ataupun kelabu. Bukan untuk lagu-lagu yang senang-senang. Ini terbukti pada beberapa lagu yang biasa saya nyanyikan dengan gitar. Jika akor nada minor yang mengawali, maka (rata-rata) lagu tersebut akan mengisahkan tentang kesedihan/ kesenduan. Baik itu ditinggal yang tercinta, kerinduan yang mendalam, amarah (yang tertahan), kesal, dan kepiluan lainnya.

Biasanya warna suara dari penyanyi yang membawakan akan cukup mendukung ke-minor-an suatu lagu. Ini saya perhatikan pada lagu-lagu yang diciptakan oleh salah band yang banyak digandrungi anak muda sekarang (termasuk saya yang masih muda loh :p) yaitu Armada Band. Coba perhatikan pada hits “Buka Hatimu” yang mengetengahkan tentang perjuangan seorang yang begitu telah banyak berkorban untuk untuk mendapatkan balasan cinta. Terlihat jelas bahwa lagu ini terasa merintihkan? Dan rasa itu tambah terdukungi oleh kekhasan suara sang vokalis yang memang cocok untuk lagu-lagu dengan nuansa seperti itu. Saking khas suaranya, sepengamatan saya, pada track “Mau Dibawa kemana” yang dimaksudkan untuk gembira, malah kedengaran benar-benar memohon dengan amat sangat, dan terdengar amat kasihan kan?

Jadilah saya sangat paham dan mengerti benar sekarang bahwa, seperti yang diajarkan guru kesenian dulu, lagu-lagu yang diawali dengan nada minor akan menggambarkan tentang kesedihan dan semacamnya.

Bagaimana dengan nada mayor? Hmmm..terkadang ada juga lagu sedih yang terawali oleh nada ini. Tapi kebanyakan tetap yang bernuansa gembira. Sekali lagi ini hanya sepengamatan saya, yang hanya seorang penikmat musik yang memiliki pengetahuan bidang musik yang jauh dari mumpuni. Manusia biasa yang suka CARI ENAKNYA SAJA. ajajajajajaja

Advertisements

4 thoughts on “Nada Minor = Kesedihan?

  1. kadang suka gak sadar nyanyiini "mau dibawa kemana hubungan kita" 😀 tapi ndak tau penyanyinya…* lagu apapun nadanya, minor ato mayor kalo dinyanyiin oleh d'm***v jadi sedih semua 😀

    Like

  2. hello bro> saya tertarik utk bicara mengenai nada minor ini, menurut saya nada minor bisa diartikan sebuah ejekan atau sindiran yang bersifat untuk menyerang pihak lain.Sebagai contoh pemerintah mengeluarkan kebijakan publik Menaikan TDL lalu banyak pihak yang menanggapi dengan istilah dengan nada Minor (tidak setuju, tidak percaya etc)

    Like

  3. @k.inart : mari berbagi :p@mbak mikes: d'masiv mah melow…biar tempo lagunya cepat tapi kedengarannya ya melow :))@mas bondan: itu lain lagi mas, makna lainnya :))

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s