Rujak Ulek

Rujak.. ya rujak yang menurut wikipedia adalah makanan tradisional yang terdiri dari campuran (potongan-potongan) buah dan dibubuhi bumbu atau kuah. Santapan ini banyak ditemui di Indonesia, tak terlupa di Parepare, tempat saya mengais rezeki.
Sudah masuk tahun kelima saya tinggal di kota kecil ini, namun bisa dihitung jari berapa kali saya makan rujak. Entah karena tidak sempat atau jarang yang menjajakannya, yang jelasnya baru beberapa hari yang lalu lah saya mencicipi rujak lagi (mungkin ini yang ketiga kalinya namun pertama kalinya langsung beli sama penjualnya).
Ceritanya, sehabis menghadiri resepsi pernikahan salah satu anak teman kantor, singgahlah saya di ATM sekedar mengisi dompet yang mulai kosong. Tak jauh dari lokasi ATM tersebut ada penjual rujak yang memakai gerobak, seorang ibu paruh baya dan ditemani anaknya yang kalau tak salah kira sekitar kelas satu SD. Hanya ada 1 pembeli yang makan langsung saat itu, maka segeralah saya ikut memesan karena rasanya lama juga tidak makan rujak. Pesan satu dan harus pake nenas. Slreeep..habis dalam waktu yang tidak lama, kekenyangan berat melanda, tapi yang penting hasrat makan rujak terpenuhi. πŸ˜€
Sempat saya bertanya ke si ibu penjual:
“Sudah lama bu jualannya?”
“Sudah lama dek, tapi dulu jualannya di depan kantor…., tapi  karena ada penjual lain yang mau sewa dengan harga yang lebih tinggi makanya pindah kemari, mungkin dia iri dek, soalnya dia jualan rujak ternyata. Toh, ternyata langganan saya tetap banyak juga”
“Namanya rezeki bu, tidak lari kemana!”  
Yep, semua insan diciptakan dengan kadar rezeki masing-masing, kalau kemarin-kemarin belum sempat makan rujak, maka hari ini giliran rezeki saya makan rujak. :p
Oh ya…. Penjual Rujak Ulek ini lokasinya di Perempatan Lampu Merah Jalan Karaeng Burane dan Jalan Veteran, Parepare. Mau coba? πŸ™‚
5 thoughts on “Rujak Ulek

Leave a Reply

