Menjadi Blogger Sejati di tengah Serbuan Situs Jer-Sol

Kemarin, saya membuat beberapa proll di lapak hijau dengan tag #curhatbloggerawam. Kenapa curhat? Karena memang iya isinya curhat. Kenapa awam? Ya memang saya masih awam, masih bau kencur dalam dunia blogging. Berikut beberapa proll yang saya tuliskan tersebut:
Heh, terkesan kekanak-kanakan sih, bahkan mungkin berbau galau. Tapi setidaknya hanya ingin berbagi curhatan sebagai seorang penikmat dan pengguna blog. Dunia per-blog-ingan kini mulai lesu (itu yang pribadi saya rasa dan alami) di tengah serbuan berbagai situs jejaring sosial yang terkesan instan penggunaannya, bukan? Fenomena maraknya situs jejaring sosial begitu berdampak besar dalam aktivitas kita di dunia maya. Saking kuat dampaknya, di sela-sela menuliskan ini saya masih sempat intip akun jejaring sosial di tab sebelah (akut tidak?). Beberapa waktu lalu pula saya bahkan menghapus atau menonaktifkan akun namun tak lama membuat atau mengaktifkan lagi. :p
Kalau dulu jaman booming-nya blog, orang ramai-ramai membuat blog dan menuliskan berbagai informasi, kegiatan yang dialami dan hal-hal lainnya. Namun kini dengan adanya situs jejaring sosial yang memberikan layanan instan dan cepat untuk menuliskan berita, berbagai informasi, bahkan curhatan. Kalau di blog kita menuliskan informasi, berita, atau curhatan dengan panjang lebar (seperti yang saya lakukan sekarang ini), maka di situs jejaring sosial cukup dengan beberapa karakter saja maka apa yang ingin anda sampaikan bisa langsung terbaca (meski tidak detail) oleh teman/ pengikut akun anda. Yak, adanya teman/ pengikut menjadi keunggulan situs jejaring sosial sehingga informasi dengan mudah cepat tersebar.

Jika anda punya blog dan ingin blog terbaca maka harus mengajak orang untuk membaca atau melakukan promo kesana-sini. Tidak seribet di situs jejaring sosial kan? Cukup tambah teman atau ikut-mengikuti maka anda akan tidak ragu kalau apa yang ditulis tidak terabaikan atau setidaknya terbaca oleh orang lain.

Hendrawan, seorang blogger dalam tulisannya berjudul Ciri-ciri Blogger Sejati menyimpulkan beberapa sifat yang seharusnya dimiliki seorang blogger sejati. Poin pertama yang ia tuliskan adalah

– Suka melakukan Blog walking (mengunjungi atau mencari blog orang lain). Biasanya jika seorang blogger sudah lama membangun blognya akan ada keinginan untuk melihat blog blogger lainnya, entah itu ingin membandingkan atau-pun cari referensi. Atau cuma mau promosi dan memberitahukan bahwa mereka itu ada.

Yep, blogwalking! Poin yang sama seperti yang saya tuliskan di proll. Kegiatan ini telah lama saya tinggalkan. Padahal pengaruhnya begitu besar terhadap ke-terkenal-an blog. Sekedar berkunjung atau bahkan meninggalkan komentar tentunya bisa menarik sang empunya blog untuk balik berkunjung ke blog kita kan?

Daaaan, hep! Serbuan situs jejaring sosial yang tak bisa dibendung lagi seharusnya dijadikan tantangan dalam menyongsong masa depan yang lebih cerah (apaaa? keluarga berencana ya?). Atau malah memanfaatkannya, dengan menjadikan sebagai media promo blog yang kita punya. Sehingga kegiatan blogging tetap jalan di samping penggalauan diri di situs jejaring sosial jalan terus! :p

Kesimpulannya: tentunya blog tidak akan pernah mati (kecuali kiamat!). Blog merupakan media penyampai berita dan berbagai informasi lainnya yang lebih gamblang dan detail. Dan menjadi blogger sejati bukanlah hal yang tidak mungkin. Sudah punya akun blog sudah menjadi modal besar untuk memulainya dan bersiap-siaplah untuk terkenal!

Advertisements

6 thoughts on “Menjadi Blogger Sejati di tengah Serbuan Situs Jer-Sol

  1. hidup blogger sejati, tapi eh tapi jangan sampai jadi blogger yang kualitas tulisannya justru dipengaruhi oleh selera pembaca. be ur self, tapi blogwalking juga tetep penting :)*eh, nyambung gak sih* :p

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s