Utak-atik (7)

Beberapa minggu yang lalu secara tidak sengaja saya bertemu dengan Kak Aidil, senior saya jaman SMA dulu (tuaku mi di’?), di sebuah kafe di bilangan Jalan AP Pettarani, Makassar. Kafe tersebut ternyata menyediakan fasilitas wi-fi gratis. Dan tentunya saya mendapati Kak Aidil sedang on-line, membuka beberapa halaman situs.  Dari pertemuan itu saya baru mengetahui kalau dia juga mempunyai blog. Ada semacam rasa kaget, bahwa kakak yang satu ini, yang sepengamatan saya waktu di sekolah dia pendiam, ternyata seorang blogger juga. Tidak ada maksud saya menyatakan bahwa seorang yang pendiam itu bukan ciri seorang blogger, tapi sejauh yang saya kenal itu Kak Aidil adalah seorang PNS di salah satu universitas terkemuka di Makassar dan seorang suami. (Pissss kak aidil! :p )
Pertemuan itu pula membuat kami banyak saling berbagi informasi dan pengalaman seputar nge-blog. Ternyata dia yang lebih telat untuk memulai nge-blog dibanding saya, lebih kaya akan pengetahuan nge-blog. Bahkan dia juga pernah mengikuti blogging school. Merasa iri? Iya, dia berhasil membuat saya merasakan itu. Banyak tips dan trik yang dibahas, seperti bagaimana menaikkan traffic blog, masalah template blog dan hal lainnya.
Terkait dengan masalah template blog, hari ini saya melakukan beberapa perubahan pada blog, antara lain:
  • Pengubahan template dari Dynamic View ke template klasik. Alasan utamanya adalah keterbatasan yang didapatkan pada mode dynamic,  dimana kita tidak bisa menampilkan dan menambah widget pada laman blog. Berbeda dengan menggunakan template klasik yang dengan mudah kita menambah widget sesuka hati. Silahkan lihat tutorialnya di sini jika ingin kembali ke mode klasik!
  • Nah, setelah mengubah kembali ke mode klasik, maka saya menambah widget baru di blog, yaitu LinkWithin. Sebuah widget yang menampilkan preview beberapa postingan yang bersifat related post di bawah setiap postingan.
Leave a Reply

