Semua Wajib Bayar Zakat Fitrah?

Semalam terjadi percakapan singkat via sms terjadi antara Saya (S) dan Adik saya (A), sebagai berikut:
A: “Wajib itu zakat fitrah?”
S: “Wajib semua umat muslim tanpa memandang usia”
A: “Tp bgmn klo kyk pngemis yg tdk ad skali apa2x?”
S: Kaget… “Nantipi kutanyakanko”
Yap, saya tidak akan menduga bahwa si adik akan menanyakan lagi pertanyaan kedua. Hal ini tentunya, selain kaget, membuat saya sadar dan malu. Betapa hal remeh seperti itu terlewat dari pengetahuan saya. Tentunya tulisan ini tidak akan mencoba menjawab secara rinci pertanyaan tersebut karena tentunya teman-teman bisa mencari sendiri jawabannya di samping referensi yang sudah begitu banyak.

sumber gambar disini
Sepengakuan saya memang beberapa hal-hal wajib dalam agama, seperti Zakat Fitrah, hanya diketahui kulit-kulit luarnya saja. Astaghfirullah! Betapa kita kadang terlalu terlena akan kesibukan duniawi, hingga hal kecil namun fundamental tak mampu kita jawab ketika ditanyakan kepada kita. Keduniaan membuat kita terlalu asyik memperindah fisik diri, mengurusi orang lain, bisik-bisik tetangga dan berbagai kealpaan lainnya.
Tapi saya yakin teman-teman tidak mengalami hal seperti ini. Semoga pengalaman ini menjadi cambuk bagi kita untuk senantiasa memperluas pengetahuan akan hal-hal penting tentang kewajiban, terutama bagi saya ini! 😀
2 thoughts on “Semua Wajib Bayar Zakat Fitrah?

  1. Aishh, saya kira mauki bahas soal zakat ini eeh :ptapi sepakat kaka Faje… kita terlalu banyak tahu hal-hal yang sudah kita tahu. Saya juga kadang malu-malu sendiri kalau ada pertanyaan yang terdengar remeh tapi kok sy gak bisa jawab dg "benar" yak?

    Like

Leave a Reply

