Chronicle (2012)

sumber gambar disini

Mempunyai orangtua yang tak rukun tentunya membuat kita tak akan betah berlama-lama di rumah. Tinggal di rumah pun membuat kita lebih memilih mengurung diri di kamar. Kehidupan luar rumah seolah jadi surga. Kurang lebih hal yang sama dialami oleh Andrew (Dane Dehaan). Broken-home membuatnya lebih banyak menghabiskan waktu dengan kamera, baik di rumah maupun saat bersekolah. Hanya sepupunya, Matt (Alex Russel) yang menjadi teman berbaginya. 

Segalanya mulai berubah ketika Matt mengajaknya ke sebuah pesta dan mereka bertemu dengan Steve (Michael B. Jordan). Di pertengahan pesta Steve mengajak Andrew ke belakang gedung tempat pesta diadakan yang di sana ternyata sudah ada Matt menunggu. Mereka bertiga lalu masuk ke dalam lubang misterius tersebut meski awalnya Andrew menolak turut serta. Yang terjadi kemudian adalah mereka semacam terkontaminasi oleh kekuatan dari bebatuan bercahaya yang mereka dapati di dalam lubang tadi. 
Keesokan hari dan seterusnya mereka mulai menjalani keseharian dengan kekuatan super meski perlu untuk menguasainya. Dan ternyata memiliki dan menguasai kekuatan super tapi penggunaannya hanya untuk hal-hal iseng adalah hal yang sangat salah. Bahwa memiliki kekuatan super tak menjamin kita menjadi super-hero. Usia pun turut berpengaruh. Usia remaja dijadikan alasan di film ini menjadi sumber konflik.
sumber gambar disini
Dengan pengambilan gambar dari sudut pandang kamera yang selalu dibawa oleh Andrew membuat film ini memiliki poin unik tersendiri. Cara pengambilan gambar tersebut membuat kita seakan terlibat langsung dengan adegan film dengan kata lain kita jadi lebih dekat serta merasakan sensasi adegan demi adegan. Hal ini pula yang menurut saya membuat film ini mempunyai nilai lebih bagi para penontonnya meski jika dilihat sekilas tak lebih dari film dokumentasi. Di samping itu pesan moral yang coba disampaikan film ini lebih mudah kita tangkap karena tidak tertutupi dengan banyaknya adegan-adegan yang “wah” meski temanya tentang kekuatan super.
Film ini mungkin terlihat seperti produk indie tapi tentunya tidak mengecewakan. Kadang-kadang kita butuh sebuah anomali di jalur mainstream yang ada, agar hidup kita tidak terjebak pada jalur yang itu-itu saja, pun dalam hal memilih tontonan. Selamat menonton! 🙂
Advertisements

2 thoughts on “Chronicle (2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s