Shame (2011)

sumber gambar di sini

Ihwal seks yang biasa kita ketemukan menjadi bumbu dalam sebuah film, mendapat porsi yang sangat besar di sini. Brandon  (Michael Fassbender) yang sukses dalam karirnya ternyata menyimpan kelainan dalam ihwal tadi yaitu ketagihan. Mungkin saja itu dilakukannya untuk meredam kepenatan dalam bekerja atau “menutupi” kesunyiannya yang hanya tinggal sendiri di apartemen. 
Semuanya mulai berubah ketika adiknya, Sissy (Carey Mulligan) yang tiba-tiba muncul di apartemennya. Tingkah Sissy yang “meledak-ledak” membuat semuanya tak berjalan sesuai kehendak sang kakak yang justru bertampil kalem dan dingin. Kejadian demi kejadian memaksa Brandon mengambil keputusan yang  nyatanya memperparah hubungan keduanya. Namun ada pengecualian yang coba dilakukan sang sutradara perihal hubungan mereka dengan memasang adegan Sissy menyanyikan “New York New York” secara manis yang membuat sang kakak menitikkan air mata.
Lantas adakah Brandon makin larut dengan ketagihannya itu? Tentunya tidak! Ia mencoba melakukan beberapa hal sebagai langkah pertobatannya. Membangun sebuah hubungan cinta dengan rekan kerja secara serius dan menyingkirkan berbagai xxxstuff koleksinya. Dan apa itu berhasil? Silahkan tebak sendiri!
***
Sulit mengatakan kemudian ini adalah film keluarga, meski di dalamnya mencoba menggambarkan gejolak hubungan kakak-adik antara Brandon dengan adiknya Sissy. Faktanya part itu hanya menjadi premis sampingan yang dibangun untuk menunjang inti cerita sesuai judul, Malu!

Pemilihan Michael Fassbender dan Carey Mulligan sebagai main-actor-actress di film ini sangatlah tepat. Fassbender yang sebelumnya tampil kaku dan kelam di X-Men: First Class menjadi play-a-role-in yang tepat pada tokoh yang diperankannya. Carey Mulligan pun sukses tampil galau tapi manis dan hampir berhasil mengimbangi karakter sang kakak. 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s