Burning Man (2011)

sumber gambar di sini
Mendengar kata Australia, saya jadi teringat akan dua hal. Pertama, kakak kelas saya waktu SMA, Afzal, yang ikut program pertukaran pelajar di Negeri Kangguru tersebut. Kedua, Film dengan judul “Australia” yang dibintangi oleh si cantik Nicole Kidman dan si tukang cakar Hugh Jackman. Nah, untuk poin kedua ini, sudah lama saya dibawa penasaran untuk menontonnya. Alasannya, ya karena ada 2 nama besar tadi. Entah sampai kapan saya harus menunggu untuk bisa nonton? Lebay!!!!

Beberapa hari yang lalu saya menonton sebuah film berbau Australia. Burning Man judulnya dengan latar tempat kota Sidney, Australia. Berkisah tentang Tom, seorang chef sebuah restoran di salah satu sudut kota Sidney. Ia harus menjalani sisa kehidupannya sebagai orang tua tunggal ketika istrinya meninggal akibat kanker ganas. 
Bersama Oscar, anaknya, memutuskan untuk pindah dari rumah (yang rencananya dijual) ke sebuah apartemen. Kepindahan ini bukan tanpa alasan, kepergian istri yang sangat dicintainya begitu membebani hidupnya. Kesibukannya sebagai chef tak mampu mengobati rasa frustasinya. Menjalin hubungan yang cukup intim dengan beberapa wanita juga telah dilakukannya. Sampai akhirnya ia pada suatu kesimpulan bahwa usaha-usahanya tersebut ternyata sia-sia. 

sumber gambar di sini

Dibuka dengan potongan-potongan scene yang tentunya membingungkan penonton, jelaslah bahwa film ini adalah film bertema konflik keluarga. Tak melulu soal konflik bathin Tom, film ini juga menggambarkan dinamika hubungan bapak-anak sepeninggal salah satu elemen penting dari keluarga inti mereka. Tom yang menjadi labil harus bisa membimbing Oscar yang kini tak merasakan lagi kasih sayang seorang ibu.


Mode alur maju mundur dilakukan sutradara di film ini tak hanya dilakukannya di bagian awal film tapi juga di pertengahan. Mungkin dengan maksud menarik rasa penasaran dan menghindari kebosanan penonton akan jalan ceritanya seandainya tidak menggunakan teknik alur maju-mundur.

Sebuah film yang bukan biasa-biasa saja dan tidak ada salahnya jadi salah satu koleksi film drama anda! 😉
Advertisements

4 thoughts on “Burning Man (2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s