Anti Maling dari AVG Mobilation Antivirus

Empat hari yang lalu ada sebuah surel yang awalnya saya kira adalah surel spam. Tapi beberapa saat yang lalu, setelah diperhatikan lagi dan membukanya, ternyata tak seperti yang saya kira. Berikut email termaksud:
Dan…. memang benar adanya, bukan sekedar surel biasa. Ini semacam iklan sebenarnya. Sebelumnya saat membeli Samsung Galaxy Mini dulu, tak pernah saya mencoba mempelajari lebih jauh AVG Mobilation Antivirus yang telah ter-install di dalamnya. Apatah lagi menyadari adanya Anti-Theft Service (layanan anti-pencurian) yang menjadi salah satu tools di AVG Mobilation Antivirus tersebut.
Sebenarnya sudah beberapa kali menerima surel dari pengirim dan isi yang sama. Dan acapkali pula saya mengabaikan. Adakah isinya tak terlalu penting? Sangat penting malah. Selain mengingatkan bahwa telah terjadi pergantian SIM di handphone kita, juga menunjukkan cara melacak handphone tersebut jika pergantian SIM terjadi karena adanya pencurian.
Berandai handphone dicuri, lantas saya mencoba langkah-langkah yang dijelaskan di surel tersebut.
  1. Login di  http://www.avgmobilation.com, tentunya dengan akun google. 
  2. Kemudian muncul laman seperti di bawah ini:
Di samping deskripsi device/ handphone, terdapat pula beberapa pilihan menu tindakan terhadap perangkat mobile kita, yaitu:
  • Shoutout: untuk mengaktifkan alarm pada perangkat mobile
  • Locate: untuk mengetahui lokasi terakhir perangkat mobile
  • Lock dan Unlock: untuk mengunci dengan mengirim kata sandi dan membatalkan penguncian perangkat mobile
  • Wipe: untuk menghapus data personal termasuk data di memori eksternal
  • Scan: tentunya untuk men-scan serangan berbahaya (seperti virus) terhadap perangkat
Ternyata sangat bermanfaat dan saya terlambat menyadarinya. Saya berandai-andai bahwa nantinya saya terlambat menyadari kalau aplikasi Superuser ternyata bisa buat meng-upgrade OS hanya dengan sekali tap saja :p
7 thoughts on “Anti Maling dari AVG Mobilation Antivirus

  1. Hehheh asyik jga… tapi saya masih bingung cara menggunakannya… Saya sudah register dan login di “avgmobilation.com” tapi kok ada keterangan “There are no devices registered. Please register your device for the Anti-Theft Service from within the AVG AntiVirus app”. bagaimana solusinya? makasih…

    Like

Leave a Reply

