Patuh Saat Menikung

Mau belok kiri? Lihat dulu lampu mana yang nyala!
Beberapa jam yang lalu saya melintas di bilangan Jalan Agussalim, Parepare. Berhenti di traffic light perempatan karena lampu merah menyala, tiba-tiba sebuah motor membelok kiri dengan entengnya tanpa peduli tulisan “Belok Kiri Ikuti Isyarat Lampu” yang tertempel di tiang lampu traffic light tadi. “Heh? Bisa-bisanya?”, dongkol saya dalam hati.
Kejadian tadi bukan hal yang pertama saya jumpai di beberapa titik traffic light di kota ini. Bisa dibilang pelanggaran seperti itu sudah lumrah terjadi. Bahkan mungkin banyak terjadi di jalan-jalan daerah lain yang di titik traffic light-nya terdapat peringatan seperti itu. Sejauh yang saya jumpai pelakunya pun ternyata tak memandang usia dan jenis kelamin. 
Saya yakin tidak sendiri menjadi sinis ketika di depan mata pelanggaran tadi terjadi di depan mata. Kita yang dengan patuhnya memberhentikan kendaraan ketika lampu merah menyala dan si pelanggar tanpa melihat rasa KEADILAN isesama pengguna jalan menikung kiri semaunya. 
Saya jadi tak mengerti sampai begitu mudahnya beberapa pengendara mengabaikan peringatan berkendara/ lalu lintas. Walaupun bukan peringatan yang keras, tapi alangkah indahnya ketika kita yang pengendara patuh terhadap aturan. Toh, peraturan lalin dibuat juga untuk keselamatan kita. Tak perlu kiranya saya menjelaskan kenapa ada larangan belok kiri tanpa memperhatikan traffic light. Bukan berarti saya tidak tahu, tapi KEDEWASAAN menjadi alasan saya kenapa musti patuh terhadap peringatan seperti itu.
***
Siang pun melewati puncaknya diwarnai dengan makan siang Nasu Palekko super pedas. :))
4 thoughts on “Patuh Saat Menikung

Leave a Reply

