Memory Trainer – Buat Kamu yang Pelupa

sumber gambar di sini
Anda pelupa dan kebetulan punya ponsel android? Jika iya, maka tak ada salahnya mengunduh aplikasi Memory Trainer ini. Sebagai orang pelupa, saya menjadikan aplikasi ini sesuatu yang wajib di ponsel. Meski baru hitungan hari saya mengunduhnya tapi saya tertarik untuk terus menggunakan. Berbagai alat latih dibenamkan di aplikasi ini untuk melatih kemampuan mengingat kita.
Pertama, setelah membuka aplikasi ini kita akan diberikan pilihan sesi tugas dimana sesi sebelumnya  lebih mudah tingkat kesulitannya dibanding sesi berikutnya. Dengan runutan seperti itu maka otak kita harusnya tidak kaget dengan latihan-latihan yang diberikan aplikasi ini dan tentunya hal ini memudahkan bukan? 
Total ada 6 jenis latihan, TileFlip, Numberz, Sequencer, GridGrind, To-DoKu, dan N-Back, dan tentunya masing-masing latihan memiliki fungsi melatih yang berbeda. TileFlip melatih untuk mengingat gambar dimana kita harus memilih gambar mana yang tidak muncul pada tampilan sebelumnya. 
Numberz melatih untuk mengingat angka, dimana kita harus mengingat angka telepon yang ditampilkan sebelumnya. Latihan ini mungkin cukup bagus untuk mengingat nomor-nomor telepon yang penting di kontak ponsel kita.
Sequencer melatih untuk mengingat warna dan bentuk geometri, dimana kita harus mengingat warna atau bentuk geometri yang ditampilkan sebelumnya. Latihan ini lebih sulit dibanding latihan yang di atas karena warna dan bentuk geometri digabungkan dalam satu kotak sementara kita hanya perlu mengingat salah satu urutan warna atau bentuk geometri.
GridGrind sebenarnya hampir sama dengan latihan Sequencer hanya saja tingkat kesulitannya kebih tinggi lagi dimana kita diharuskan untuk mengingat letak kombinasi-kombinasi warna dan bentuk geometri yang diberikan. 
To-DoKu melatih untuk mengingat kalimat atau perintah, dimana kita harus mengingat perintah yang ditampilkan sebelumnya karena akan ada pertanyaan yang menyangkut perintah-perintah tersebut. Latihan ini bagus untuk melatih ingatan tentang perintah yang banyak dalam rentang waktu yang berdekatan.
N-Back melatih untuk mengingat urutan, dimana kita dihadapkan pada sebuah urutan huruf. Ketika syaratnya loncat 1 huruf maka jika ada huruf yang sama setelah dilangkahi satu huruf kita harus memilihnya. Pusingkan dengan penjelasan saya? Sepusing saya mengerjakan latihan ini. >,<
Tiap latihan di atas dapat diatur tingkat kesulitannya di menu “Target” sesuai kebutuhan latihan kita. Terus? Setelah latihan apa lagi? Aplikasi ini menyediakan menu “My Progress” yang menyajikan dalam bentuk grafik tingkat keberhasilan setelah melakukan latihan-latihan yang ada.
Aplikasi ini sejatinya menjadi alat latih yang ampuh untuk kemampuan mengingat kita, mengurangi tingkat kelupaan kita, walaupun hasilnya tak langsung kita rasakan. Namun jika anda orang yang simpel dan tak mau repot-repot untuk berlatih seperti di atas, cukup pasang pengingat saja di ponsel atau gadget anda. Asli simpel bukan? 🙂
Advertisements

4 thoughts on “Memory Trainer – Buat Kamu yang Pelupa

  1. kalau mamie pilih yang terakhir saja, cuma kadang untuk melihat to do list pun harus ada yang mengingatkan 😀
    thanks for sharing, aplikasi itu mau mamie download dan akan mamie anggap sebagai game hihihi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s