Proses

Proses, menurut KBBI, adalah 1 runtunan perubahan (peristiwa) dl perkembangan sesuatu; 2 rangkaian tindakan, pembuatan, atau pengolahan yg menghasilkan produk; 3 perkara dl pengadilan.

Joni yang belum berusia 30 tahun, kini sudah merasa mapan. Tuhan telah memberikannya rezeki berupa pekerjaan. Dari gaji pekerjaan yang didapatkannya tersebut ia mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan, meski belum semua. Namun dibalik rasa mapan tersebut, benaknya sering saja bertanya bahwa untuk apa sebenarnya dia hidup, bekerja, dan kini mampu menghidupi diri sendiri. Pertanyaan itu terus terngiang di kepalanya tiap hari bahkan sepanjang hidupnya dan itu membuatnya gelisah.

Beberapa bulan kemudian, dia memutuskan untuk menikah. Mungkin ini langkah besar ini bisa jadi jawaban atas pertanyaannya tersebut. Setahun kemudian ia dikarunia seorang anak perempuan yang sehat dan lucu. Pada suatu dini hari, sekitar pukul 03.00, Joni terbangun. Dipandangnya sang istri yang tertidur pulas, pun sang anak yang terbaring di antara mereka. Pertanyaan itu muncul lagi. Kini ia telah menikah dan punya anak, apakah ini yang dicarinya? Apa hanya sebatas berkeluarga jadi tujuan hidupnya? Joni menarik napas panjang dan menghela, berbaring dan mencoba untuk kembali terlelap. Matanya enggan berkompromi. Ia gelisah sampai matahari menyapa.

sumber gambar di sini

Pagi-pagi, setelah mencium kening istri dan anaknya, ia bergegas ke kantor. Kepalanya terasa berat karena kurang tidur ditambah pertanyaan tentang tujuan hidupnya itu. Beban pertanyaan itu mengacaukan pikirannya. Jadilah ia kurang konsentrasi dengan pekerjaannya. Untuk menghilangkan kepenatannya ia mencoba membuka situs berbagi video dan tanpa sengaja menemukan sebuah video dengan judul sederhana “Kelahiran”.
Klik! Video terputar dan menayangkan tentang proses terbentuknya janin di dalam rahim ibu. Tiap tahapannya ditayangkan begitu detail sampai bayi dilahirkan. Tiba-tiba mata Joni terasa hangat dan akhirnya ia menangis. Dia teringat ibunya yang telah meninggal ketika ia belum selesai kuliah dulu. Tangisannya begitu terasa lagi karena kata-kata terakhir yang dibisikkan ibu menjelang dijemput ajal adalah “Cintailah proses, nak!”. Saat itu Joni sedikit terheran namun tak terlalu memperdulikannya. Barulah kini ia merasa mafhum, bahwa jawaban atas pertanyaan sederhananya selama ini adalah kalimat pamungkas Ibunya sendiri.
Sepulang kerja dan begitu ia sampai di rumah, dipeluknya sang istri dan anak cukup lama. Dalam batin ia berikrar bahwa mulai kini ia akan mencintai hidupnya proses demi proses. Tiap langkah ia akan selalu bersyukur, dengan begitu tidak akan ada lagi rasa sia-sia atas apa yang dilakukannya dalam hidup.
Advertisements

One thought on “Proses

  1. menjalani sebuah proses itu menyenangkan, tidka ada kesan terburu-buru..
    hanya saja butuh latihan karena kebanyakan orang tidak mau sabar, maunya serba instan..

    salam kenal mas
    kunjungan pertama 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s