Boyhood (2014)

Sepanjang hidup kita dari lahir sampai sekarang tentunya telah banyak menemui hal-hal indah. Terutama di kanak-kanak, apalagi dengan keluarga utuh. Tapi terkadang takdir membawa keindahan-keindahan itu begitu cepat. 
Mason (Ellar Coltrane) yang di usia 7 tahun harus menghadapi kenyataan bahwa kedua orang tuanya, yang diperankan Ethan Hawke dan Patricia Arquette, telah bercerai. Tumbuh besar dengan menjadi bagian dari sebuah keluarga normal harus dikuburnya dalam-dalam. Selama 12 tahun ia bersama kakaknya, Samantha (Lorelei Linklater), harus hidup berpindah-pindah mengikuti Ibu mereka karena menikah beberapa kali. 
sumber gambar di sini
Tak ada konflik yang menonjol sepanjang film ini. Mungkin sepintas terasa datar. Konflik-konflik yang ada sudah biasa kita temui di drama bertema keluarga atau coming-age yang lain. Tapi apa yang dilakukan oleh sang sutradara sekaligus penulis naskah, Richard Linklater, di film ini adalah hal yang luar biasa. 
12 tahun, ya 12 tahun adalah waktu yang dibutuhkannya untuk menyelesaikan film ini. Tentunya dengan jajaran cast utama yang bertambah usia dari awal hingga akhir film. Mungkin hal serupa bisa saja kita temukan pada trilogi Before Sunrise-Sunset-Midnight, yang merupakan karya Richard Linklater juga, tapi tetap saja film ini berbeda. Masa pertumbuhan seorang bocah lelaki sampai masuk kuliah berhasil di-eksplor dengan baik oleh Richard sehingga bisa membedakan dengan masterpiece triloginya itu.
Pada akhirnya Kalau ada mencari keseruan di film ini, lebih baik tonton saja film yang lain. Namun jika anda orang yang santai atau penyabar maka selamat menonton!
***
Hidup, hidup ini indah
Meskipun takdir
Terkadang tak lama
~ Perjalanan Panjang oleh Ari Lasso
Advertisements

2 thoughts on “Boyhood (2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s