That Thing Called Tadhana (2014)

*spolier alert*
Ibarat ungkapan sudah jatuh tertimpa tangga pula, Mace (Angelica Panganiban) yang sedang dalam keadaan sedih akibat putus cinta, harus berurusan dengan masalah jatah bagasi di salah satu bandara Negeri Pizza, Italia. Bagai gayung bersambut, muncullah Anthony (JM de Guzman) yang kebetulan satu pesawat untuk pulang ke Filipina, menawarkan pertolongan berbagi jatah bagasi kepadanya.
Seperti Jesse dan Celine, dalam Before Sunrise yang bertemu tidak sengaja di tempat yang berbau transportasi (mungkin semacam tribute), kedua tokoh dalam film ini kemudian melanjutkan perjalanan pulang sambil berbagi cerita satu sama lain. Mace dengan kisah cinta tragis dan Antonhy yang dengan setia mendengar keluh kesah teman perjalanannya, tak lupa untuk curhat pula.
sumber gambar di sini
Mungkin tema putus-cinta-kemudian-diselamatkan-cinta-baru sudah sering kita jumpai di film lain. Tapi elemen manis di film produksi Filipina ini lebih terasa. Semanis tingkah lucu kedua tokoh utamanya sepanjang film. Tak ada yang berlebihan dari akting keduanya ataupun jalan ceritanya. Di samping itu ending yang bikin mulut menganga menjadi twist tersendiri, membedakannya dengan film lain bertema serupa.
Takdir menjadi poin penting yang coba ditekankan dalam film ini. Bahwa terkadang takdir membawa kita dalam kejadian tak terduga, dan seringnya itu terjadi di masalah percintaan. Tapi That Thing Called Tadhana dengan kesederhanaannya juga mengajarkan untuk selalu bijak dalam menghadapi takdir meski itu pahit.
***
Pada akhirnya film ini menjadi tontonan bukan cuma untuk mereka yang baru putus cinta ataupun telah (lama) move on dan sedang dalam pengembaraan mencari cinta baru. Apapun status percintaan teman pembaca sekarang, tetap saja That Thing Called Tadhana adalah drama percintaan ringan untuk segala suasana hati.
Selamat menonton!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s