Selamat #HariBloggerNasional!

Tepat sembilan tahun yang lalu Muhammad Nuh, Menteri Komunikasi dan Informatika saat itu, menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Lima bulan sebelumnya saya mulai ngeblog. Bangga? Tidak juga. Postingan pertama saya waktu itu cupu asli.

cara-membuat-blog-panduan-membuat-blog-website-profesional1

Alamat blog pertama saya adalah carienaknyasaja.blogpsot.com sebelum bulan September tahun lalu memutuskan untuk berpindah platform di sini. Sebuah keputusan tepat karena blog pertama tadi tak bisa diakses. Lagi pula alamatnya kepanjangan. Entah apa yang ada dipikiran saya sembilan tahun lalu memilih alamat itu, he-he-he.

Dulu di masa awal mulai, jika ada yang bertanya apa alasan atau motivasi nge-blog saya mungkin bingung menjawab. Hampir dipastikan hanya sekedar ikut-ikutan trend saat itu. Dan memang karena diajak teman awalnya.


Berbicara motivasi nge-blog, Roy Suryo pernah mengungkapkan pernyataan kontroverial bahwa, nge-blog itu hanya trend sesaat. Para blogger tentunya bereaksi mencak-mencak keras atas pernyataan itu. Tapi jika dikaitkan dengan perkembangan kekinian, pernyataan beliau ada benarnya juga. Coba, teman-teman blogger tanya ke diri masing-masing, kapan terakhir nge-blog, update postingan atau setidaknya blogwalking. Hayo-hayo?! 

Tak jarang kita temui blogger yang update postingan sekali setahun jika tidak ingin dikatakan tak pernah nge-blog lagi beberapa tahun ini. Saya pribadi hanya berani menargetkan satu bulan satu postingan.

Lantas apa yang menjadi motivasi saya nge-blog sampai sekarang (meski tak seintens dulu)? Quote dari Pramoedya Ananta Toer adalah salah satunya, yaitu

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Ya, bekerja untuk keabadian. Di samping itu, saat kita menyelesaikan sebuah tulisan ada kepuasan tersendiri yang didapatkan, meski hanya hal remeh. Bukan begitu teman-teman blogger?

Ayo menulis lagi! Ayo nge-blog lagi!

Selamat Hari Blogger Nasional 2016!

***

sumber gambar di sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s