Imam ‘Ali Selalu Memberi Pengertian…

Berikut adalah beberapa poin yang diberikan oleh Imam ‘Ali berupa pengertian kepada kaun muslimin mengenai beberapa poko ajaran Islam, antar lain:

1. Nilai Seseorang tergantung pada kadar kemauannya

2. Bukankah kemiskinan itu termasuk cobaan hidup? Ketahuilah, bahwa kemiskinan yang terberat adalah penyakit jasmani. Dan penyakit jasmani yang terparah adalah penyakit hati. Kesehatan badan lebih berharga daripada kecukupan harta, dan hati yang bertaqwa lebih berharga daripada badan yang sehat.

3. Barangsiapa yang enggan bekerja ia akan menghadapi cobaan hidup, dan Allah tidak membutuhkan orang yang tidak mengindahkan nikmat yang dikaruniakan dalam harta dan jiwanya.

4. Sepuluh macam sifat yang menunjukkan akhlak mulia: penyantun, pemalu, jujur, menunaikan amanat, rendah hati, waspada, pemberani, tabah, sabar, dan tahu bersyukur.

5. Orang yang bahagia adalah yang dapat menarik pelajaran dari orang lain, orang yang sengsara ialah orang yang tertipu oleh nafsunya.

6. Ilmu pengetahuan wajib diikuti dengan amal perbuatan. Barangsiapa berilmu ia harus beramal. Dengan amal ilmu akan meningkat tinggi dan tanpa amal, ilmu akan merosot.

7. Hai para hamba Allah, janganlah sekali-kali kalian terkecoh oleh kebodohan kalian, dan jangan pula kalian menuruti hawa nafsu kalian. Orang yang tunduk kepada kedua hal itu ia berada di tepi jurang terjal

Leave a comment